Ribuan Korban Kekerasan Negara 1977-1978, Di Pegunungan Tengah Papua

Anonymous | 00:41 | 0 komentar

Asian Human Raights Commission meluncurkan laporan Pelanggaran Hak Asasi Manusia di pengunungan Tegah Papua kurun waktu 1977-1978 pada 24 Oktober di Hongkong. Jumlah korban yang tercantum dalam laporan kurun waktu dua tahun itu mencapai angka 4000 lebih nama.

Rincian nama-nama korban dibaca di website www.humanraights.asia atau www.humanrightspapua.org. Nama-nama korban ini berasal dari 15 distrik di wilayah Pengunungan Tengah Papua. Distrik Bolakme 620, Ibele 111, Central Ibele 62, Iluga 241, Kobakma 579, Makki 143, Napua 50, Paniai 56, Prime 138, Tagime 334, Wosilimo 835, Jayawijaya 187, Yalengga 665, Hetegima 8, Kurulu 117 dan total 4,146 Korban.

Salah satu anak korban kekerasan negara mengakui ayahnya menjadi dalam operasi tahun 1977. “Setika itu, saya berusia 7 tahun dan lari bersembunyi ke ke hutan bersama mama. Ayah saya, Wenaekah Aud terbunuh saat mengamankan kampung,”tutur Karoline Aud.

Ditambahkan ketika pulang ke kampung, di Distrik Ilugwa, Karoline mengaku ayah bersama korban lain berserahkan membusuk tanpa ada yang mengurusnya. “Kami hanya bisa menangis menerima kenyataan buruk,”tutur Karoline mengenang kisah pilu korban kekerasan Operasi Militer 1977 di Pegunungan Tengah.
Menurut Karoline, pengalaman buruk itu selalu menjadi ingatan kolekif keluarganya. “Kami selalu menceritakan pengalaman buruk itu dari generasi ke generasi hingga kini,”tuturnya seraya menambahkan kisah ini sulit untuk dilupakan. “Kalau mengingat pengalaman itu, tentu masih ada kebencian,”katanya.
Asian Human Rights Commission telah merekomendasikan agar pemerintah Indonesia meminta maaf kepada keluarga korban. Pemerintah Indonesia harus mengakui dan meminta maaf di hadapan publik atas pelanggaran HAM yang terjadi.




Sumber: DI SINI






Category: , ,

About Ilput-Share.com:
Ilput-Share.com is a blog to share information about the Walak tribe and more specifically about Ilugwa district through online.

0 komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang Ilput-share..? Tolong beri komentar di kolom komentar bawa sini...

The maps of Ilugwa Locations in Wamena